Pages

Jumat, 12 Oktober 2018

Baca Sampai Tuntas Inilah Empat Penyebab Utama Obesitas


Prevalensi obesitas meningkat di seluruh dunia. Dalam beberapa dekade terakhir, peningkatan obesitas yang belum pernah terjadi ini telah menyebar di setiap usia, jenis kelamin, dan ras. Di AS saja, tingkat obesitas telah meningkat hingga 68% dan tren serupa diamati di negara lain. Dalam upaya untuk memahami berbagai penyebab obesitas, artikel ini menyoroti beberapa elemen utama yang berkontribusi pada peningkatan obesitas di tingkat global.

Budaya "Makanan Cepat Saji"



Pergeseran sosial dan perilaku yang paling signifikan diamati dalam kebiasaan makan kita di mana gagasan makan sehat telah sangat dibayangi oleh budaya makanan cepat saji. Karena makanan berkalori tinggi menjadi lebih terjangkau dan mudah diakses, orang-orang sekarang terbiasa dengan makanan yang sarat lemak. Meningkatnya jumlah mesin penjual otomatis, restoran cepat saji dan penggunaan berlebihan item makanan beku semuanya mengarah ke masalah pemasangan ketergantungan yang tidak proporsional pada item padat energi.

Alih-alih memilih opsi yang lebih sehat dan alami, orang sekarang lebih suka menghabiskan lebih sedikit waktu untuk memilih atau menyiapkan makanan mereka. Ketersediaan makanan yang sangat enak dalam skala besar pada akhirnya memaksa orang untuk menambah asupan kalori total per hari.

Di zaman sekarang, toko bahan makanan dikemas dengan sangat diproses, makanan yang dikemas dan tidak mudah rusak yang menempati ruang rak berharga. Zat alami dan organik, di sisi lain tidak lebih mahal. Meningkatnya pemasaran barang-barang makanan yang jelas-jelas mudah diakses, mudah dimasak / disiapkan, dan murah ini memiliki dampak yang jauh lebih merusak kesehatan kita daripada dari apa yang kita asumsikan sebelumnya.

Ukuran Porsi Meningkat


Peningkatan angka obesitas berhubungan erat dengan peningkatan ukuran porsi makanan komersial. Makanan cepat saji yang tersedia secara komersial adalah makanan padat energi yang berkontribusi terhadap ketidakseimbangan dalam mempertahankan berat badan yang sehat.


Frekuensi konsumsi item makanan ini bersama dengan ukuran porsi mereka menunjukkan bahwa orang tidak dapat mengkonsumsi porsi makanan yang memuaskan tanpa mengkonsumsi energi yang berlebihan. Selain itu, ini juga menghasilkan konsumsi natrium, lemak, dan gula yang berlebihan.

Gaya Hidup Menetap


Dengan kemajuan pesat dalam teknologi dan inovasi, penurunan aktivitas fisik yang dihasilkan juga merupakan perubahan gaya hidup utama. Dibandingkan dengan dekade yang lalu, orang saat ini kurang terlibat dalam kegiatan fisik. Selain itu, dengan tidak adanya pendidikan jasmani dan kesadaran yang memadai dan akses yang kurang ke kegiatan-kegiatan semacam itu, pola gaya hidup yang menetap telah berkembang dari waktu ke waktu.

Banyak waktu rekreasi dihabiskan untuk menonton televisi, bermain video game, atau menjelajahi internet. Sementara proses menjadi lebih canggih dan efisien, konsekuensinya telah menjadi penurunan terbesar dalam pengeluaran kalori.

Kenaikan Berat Badan Yang Diinduksi Obat Dan Faktor Lain


Selain faktor-faktor utama yang bertanggung jawab untuk kenaikan berat badan, ada beberapa faktor lain yang berkontribusi terhadap epidemi obesitas. Penggunaan obat-obatan umum tertentu seperti diabetes, hipertensi, kontrasepsi dan hormon, semuanya dikaitkan dengan kenaikan berat badan yang tidak sehat. Sementara penelitian tentang kenaikan berat badan yang diinduksi obat masih pada tahap prematur, hipotesis yang mendukung hal yang sama telah diverifikasi oleh sejumlah penelitian dan pakar kesehatan.

Kurang tidur juga merupakan faktor yang berkontribusi karena meningkatkan nafsu makan. Selain itu, ada beberapa pengganggu endokrin yang diproduksi secara komersial yang berdampak pada regulasi hormon, sehingga mengakibatkan obesitas. Pengganggu ini kadang-kadang ditemukan dalam pestisida yang secara tidak langsung ditambahkan ke rantai makanan.

Untuk negara-negara tertentu, seperti AS, peningkatan pasokan makanan telah mengakibatkan peningkatan total asupan makanan. Obesitas disebabkan oleh banyak faktor yang dapat mencakup elemen sosial, lingkungan, psikologis dan ekonomi. Ada kebutuhan untuk mengembangkan intervensi yang efektif untuk mengendalikan pertumbuhan faktor pendorong ini dan untuk mendorong pendidikan kesehatan dan kesadaran obesitas di antara individu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar