Pages

Rabu, 10 Januari 2018

Tomat - Makanan Dewa untuk Nutrisi dan Kesehatan Manusia


Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan di Ohio State University di AS melaporkan bahwa diet karoten, yang memberi warna tomat, akan melindungi kulit dari kerusakan sinar ultraviolet (UV). Dengan jumlah orang yang didiagnosis dengan kanker kulit meningkat setiap tahun, itu adalah kabar baik bahwa konsumsi tomat setiap hari dapat mengurangi kemungkinan kanker kulit.

Buah merah kecil, bundar, manis, berair, lezat ini adalah salah satu sayuran yang paling banyak dikonsumsi di dunia, tidak hanya karena tujuan kulinernya tetapi juga karena banyak manfaat kesehatan dan nutrisi. Tomat untuk kanker kulit hanyalah contoh terbaru untuk berkat kebugarannya yang tak terbatas.



Sejak dahulu kala, ada hubungan cinta yang panjang antara manusia dan tomat karena kapasitasnya untuk aklimatisasi yang lebih baik ke berbagai lingkungan. Hari ini, ia datang dalam berbagai varietas yang berbeda dalam warna, ukuran, bentuk dan rasa. Sekarang tomat telah muncul sebagai salah satu sayuran yang paling diinginkan di dunia karena rasanya yang unik dan kualitas nutrisinya. Lebih dari 100 varietas tomat baru tersedia di pasar dunia setiap tahunnya.

Manfaat kesehatan dari tomat memberinya gelar "makanan Tuhan" dan merupakan bagian integral dari masakan di seluruh dunia. Tomat juga merupakan sumber potasium, mangan, magnesium, fosfor dan tembaga yang baik. Senyawa organik seperti likopen juga dikaitkan dengan manfaat kesehatan. Kriteria pemilihan tomat bervariasi sesuai dengan negara dan budaya. Pasar tomat di Asia khususnya tentang warna yang lebih terang sedangkan di pasar Eropa, tomat dalam bentuk kecil lebih disukai.

Jadi bagaimana "makanan Tuhan" mendominasi pasar benih? Sebuah laporan oleh Market Intelligence, sebuah perusahaan riset pasar, menyatakan, 'Pendapatan Pasar Benih Tomat mencakup 829,8 Juta USD dari pendapatan 7,8 Miliar Dolar AS dari Pasar Benih Sayuran'. Angka numerik dengan jelas menggambarkan dominasi pasar benih oleh tomat.

Tomat adalah sayuran yang paling banyak ditanam dan dikonsumsi secara global. Cina adalah produsen tomat terbesar diikuti oleh India, Amerika Serikat, Turki dan Mesir. Pasar pemrosesan makanan menempati 30% dari pasar tujuan untuk tomat sedangkan 70% dari itu dikonsumsi sebagai produk segar.



Saat ini, fokus utama perusahaan benih terkemuka di seluruh dunia adalah untuk meningkatkan hasil, kemampuan beradaptasi terhadap berbagai kondisi iklim dan mengembangkan varietas dengan toleransi penyakit dan hama. Penekanan tinggi telah diberikan untuk mengembangkan tomat tahan penyakit karena tomat diserang oleh lebih dari 200 penyakit dan hama. Beberapa penyakit penting dari tomat adalah layu bakteri, Virus Tomat Yellow Leaf Curl (TYLCV), Groundnut Bud Necrosis Virus (GBNV), dll. Peternak dari perusahaan juga bekerja mengembangkan rasa untuk rasa akhir tomat. Pertumbuhan biji tomat sangat dikreditkan pada penggunaan benih hibrida dan penggunaan varietas eksperimental bernilai tinggi di negara maju. Meskipun investasi dalam industri ini tinggi,

Adopsi varietas yang lebih baik dan hibrida pasti akan mendorong pasar benih global tomat. Perusahaan seperti Monsanto, Groupe Limagrain, Syngenta bekerja dengan tim terbaik mereka, selaras dengan standar dan praktik internasional. Ini membantu mereka untuk mencapai tidak hanya tujuan bisnis mereka tetapi juga membantu menciptakan nilai bagi masyarakat yang ditunjukkan oleh upaya kuat mereka dalam bidang penelitian produksi benih tomat. Visi mereka yang luas jangkauannya mungkin memiliki manfaat serius bagi produksi berkelanjutan nutrisi dan sayuran sehat - "Makanan Dewa", Tomat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar